Sabtu, 17 Agustus 2013

PT. Indah Kiat Serang Berikan Bantuan Pompanisasi

Serang, Kabupaten Serang yang terletak di ujung Pulau Jawa bagian barat, adalah salah satu Kabupaten dari 4 Kabupaten dan 3 Kota di wilayah Provinsi Banten. Kabupaten Serang memiliki lahan pertanian yang sangat luas yang dikelola oleh masyarakat. Salah satu mata pencaharian masyarakat di Kabupaten Serang adalah dalam bidang pertanian. Tepatnya di daerah Kabupaten Serang bagian utara, jika kita berkunjung ke wilayah tersebut, disana dapat kita saksikan terbentang luas area pertanian yang diselimuti indahnya padi menguning. Public Affair PT. Indah Kiat Serang, Lia Suci Mulyawati, menjelaskan, kondisi persawahan di Kabupaten Serang merupakan sawah tadah hujan, dimana sumber air berasal dari curah hujan. Sementara pada masa sekarang ini, kondisi musim tampak sedang tidak bersahabat, khususnya untuk daerah yang notabene-nya memerlukan air hujan, misalnya daerah persawahan. Didaerah ini juga sumber air sangat jauh dari area persawahan dan letak sungai yang lebih rendah dari saluran irigasi. Sehingga sangat dibutuhkan mesin pompa sebagai media untuk menyedot air ke area persawahan tersebut. Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan pada pertanian memasuki musim kemarau tahun 2011 ini, sambung Suci lagi, PT. IKPP Serang mengadakan program pompanisasi persawahan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dan sudah berjalan sejak tahun 2010. Sebanyak enam unit mesin pompa diberikan untuk persawahan di empat kecamatan meliputi, Kecamatan Pontang, Tirtayasa, Tanara dan Carenang. Dikatakan Suci, pemberian 6 unit mesin pompa pada tahun ini merupakan kebutuhan untuk areal persawahan yaitu dengan memanfaatkan air dan irigasi maupun sungai. Mengingat persawahan yang ada di areal itu sebagian besar adalah sawah tadah hujan (yang akan kering saat musim kemarau). Jika tidak ada hujan, maka petani dapat mengambil air dari sungai atau irigasi melalui pompa yang diberikan. Mekanisme dalam menentukan desa yang mendapat bantuan mesin pompa, terlebih dulu berkoordinasi dengan Muspika dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pertanian dari empat kecamatan. Mengacu pada kriteria di atas, beberapa desa yang berhak menerima bantuan mesin pompa dari PT. IKPP Serang yaitu sebagai berikut :
Spesifikasi Mesin Pompa Merk Dong Feng Model S1115 Tenaga Maksimum 24 HP / 2200 rpm Berat 185 kg Jenis Mesin Diesel Horizontal 4 langkah Jumlah Silinder 1 (satu) silinder Sistem Start Engkel Sistem Pendingin Hoper Sistem Pembakaran Direct Injection Sumber : Public Affair PT. IKPP Serang Manager Humas PT. IKPP Serang, M. Arif Mahdali, mengatakan, program ini sebagai ajang silaturahmi dengan petani Kecamatan Pontang. Disamping itu juga Pontang adalah sebagai lumbung padi untuk daerah Kabupaten Serang maupun Provinsi Banten. “Program ini sudah berjalan sejak tahun 2010. Semoga pompa ini manfaatnya sangat besar untuk masyarakat petani”, pungkasnya. Komisi II DPRD Kabupaten Serang, H. Holis Rawean. menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan mesin pompa untuk petani di Desa Lebak Wangi. Karena pada musim kemarau ini air sangat susah sekali, mudah-mudahan dapat terbantu”, ujarnya. Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Serang dari Komisi III, Sanggiti, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian PT. IKPP Serang kepada masyarakat dan berharap semua program yang telah dijalankan dapat dipertahankan. “Semoga ke depan tidak hanya pompanisasi akan tetapi mesin traktor”, ungkapnya. Kepala UPT Pertanian Kecamatan Pontang, Lukman, juga mengucapkan terima kasih kepada PT. IKPP yang telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Pontang. “Saya berharap, ke depan PT. IKPP dapat membantu petani dari segi permodalan. Karena mayoritas petani disini adalah petani penggarap yang pendapatannya dibawah Rp.1 juta”, kilahnya. Camat Pontang yang diwakili Sekmat, H. Rohili. Menuturkan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. IKPP yang telah banyak membantu masyarakat khususnya di Kecamatan Pontang. Semoga program seperti ini tetap terus berjalan. Manager Humas PT. Indah Kiat Serang, M. Arif Mahdali, tampak tengah menyerahkan bantuan mesin pompa secara simbolis kepada salah seorang kelompok tani, belum lama ini.
Salah seorang Staf Public Affair PT. IKPP Serang, Imam Yustisa, tengah menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada salah seorang warga, belum lama inmi. (Foto : Istimewa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar