PROPOSAL USAHA
“LAYANAN
DOKUMEN”
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu
Tugas Individu sebagai Tugas UAS
Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Mata Kuliah
Disusun
oleh :
DEWI SRI
MASRIAH
092100801
PAI – D
SEMESTER
3
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ADAB
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
“SULTAN
MAULANA HAASANUDDIN” BANTEN
TAHUN
AKADEMIK 2010 / 2010
DAFTAR
ISI
Daftar isi
......................................................................................................... i
BAB I
PENDAHULUAN ............................................................................. 1
- Alasan Memilih Usaha ........................................................................ 1
- Bidang / Jenis Usaha ........................................................................... 1
- Alamat ................................................................................................ 2
BAB II
USAHA ............................................................................................ 3
a) Manajemen
Pemasaran ........................................................................ 3
b) Manajemen Keuangan
........................................................................ 5
c) Manajemen
Produksi .......................................................................... 6
d) Manajemen SDM ................................................................................ 7
BAB III ANALISIS SWOT DAN SOLUSI ................................................ 8
a. Kekuatan Dan
Kelemahan .................................................................. 8
b. Peluang Dan
Tantangan ...................................................................... 9
c. Solusi (cara
penyelesaian masalah) ..................................................... 10
BAB IV PENUTUP ....................................................................................... 12
a) Kesimpulan ........................................................................................ 12
b) Rekomendasi /
saran ........................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A. Alasan
Memilih Usaha
Banyaknya aktivitas di masyarakat tidak terlepas dari yang namanya
dokumen, surat
menyurat, bukti otentik serta kegiatan – kegiatan lain baik yang dilakukan oleh
instansi pemerintah, pelajar, ataupun masyarakat pada umumnya.
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ataupun lembaga dalam suatu
masyarakat ataupun perseorangan, jasa layanan duplikat dokumen menjadi
alternatif untuk memperbanyak dokumen. Salah satu alternatif untuk memperbanyak
dokumen tersebut adalah dengan fotocopy. Pentingnya peranan jasa layanan foto
copy dapat membantu meringankan beban/tugas dalam memperbanyak duplikat suatu
dokumen tertentu, dan hal ini sangat berpeluang untuk menjadi sumber usaha yang
menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.
Bagi para pelaku
usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli
masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa
penawaran yang dilakukan oleh perusahaan. Apabila permintaan meningkat
memungkinkan pasar menjadi potensial dan ketika kondisi permintaan menurun
menyebabkan kondisi menjadi labil.
B.
Bidang
/ Jenis usaha
Unit usaha ini
diberi nama “bundo copy service” karena bergerak dalam usaha layanan foto copy
dan juga penyediaan berbagai alat tulis kantor. Layanan foto copy bundo ini
amat cocok bila disandingkan dengan jasa layanan rental computer dan jasa
layanan internet yang sudah dirintis oleh bundo.net yang sudah lebih dulu
berkembang.
Nama organisasi : bundo
tech corporation
Jenis Organisasi : Jasa layanan dokumen
Pemilik : Hj. Bahriah
Alamat : jl. Kesawon Rt.01 / Rw. 01 kp.
Kaligandu Masjid
Telp (0254) 208358 Serang – Banten
C.
Alamat
Bundo copy
service ini beralamat :
Jalan : kesawon
Rt / Rw : 01 / 01
Desa : Kaligandu Masjid
Kota : Serang
Provinsi : Banten
Negara : Indonesia
Lokasi yang
akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha foto copy adalah
sebuah bangunan seluas 5 X 6 M2, lokasi tersebut dekat dengan lokasi beberapa instansi
yakni :
§ SD NEGERI TERONDOL KOTA SERANG
§ SMP 17 KOTA
SERANG
§ PLAY GROUP BINTANG KECIL
§ KANTOR KECAMATAN SERANG
§ KANTOR KELURAHAN SERANG
§ SD NEGERI CIPUTAT KOTA SERANG
§ KANTOR IMIGRASI KOTA SERANG
§ MADRASAH DINIYAH “ARRAHMAN” KALIGANDU
§ KANTOR LURAH TERONDOL
§ ALFA MART WARUNG JAUD
Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami
adalah dengan memanfatkan : Meja, Kursi, Ruang Tunggu, Tempat parkir, dan
tempat untuk mendisplay barang dagangan pelengkap layanan dokumen yakni alat
tulis kantor yang mencakup penjualan berbagai macam peralatan menulis beserta barang-barang
penunjang kegiatan tulis menulis lainnya.
BAB
II
USAHA
a)
Manajemen
Pemasaran
1.
Segmentasi
Yang menjadi segmen dari usaha foto copy adalah semua segmen pasar
(umum)
b. Targeting
Yang menjadi target market adalah para pelajar SD, SMP, pegawai
instansi pada khususnya dan masyarakat disekitarnya
c. Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen
sebagai tempat foto copy yang berkualitas dengan harga yang
pas.
2.
Permintaan
Perkembangan permintaan saat ini. Dewasa ini, kalau kita cermati,
permintaan akan foto copy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya
kepentingan masyarakat dan meminimalisasi biaya.
3.
Penawaran
a. Perkembangan
penawaran saat ini
Perkembangan penawaran disektor usaha foto copy pada saat ini memang
umum di lingkungan kampus. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini
sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha foto copy menjadi
lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi
konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku
b. Prospek
penawaran di masa yang akan datang
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa
yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai
lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif
(lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing)
maupun lebih kompetitif (dilihat dari kualitas kertas dan hasil copy harga
dalam hal ini tidak terlalu diperhitungkan dikarenakan para pesaing juga
melakukan banting harga) maka karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi
informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas
bertukar informasi.
4.
Program
Pemasaran
a. Tingkat
pelayanan
Kami menerapkan pendekatan dua arah antara produsen dengan konsumen.
Artinya antara produsen dan konsumen harus saling mengenal. Inilah konsep
manajemen pemasaran yang baik untuk diterapkan dalam sebuah usaha fotocopy. Dalam
usaha ini kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan langsung,pemesanan
dan tepat waktu pekerjaan
b. Penetapan
harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga
berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang
relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan
pangsa pasar.
b)
Manajemen
Keuangan
Dalam hal ini keuangan memegang peranan penting dalam memulai sebuah
usaha, karena usaha apapun yang akan dijalankan tanpa modal takkan pernah
terwujud. Tapi hal yang lebih penting lagi adalah pengelolaan keuangan yang
baik. Pengelolaan keuangan yang baik, sangatlah penting untuk mencapai keuntungan
atau laba yang diharapkan.
Pada dasarnya kondisi keuangan yang baik adalah, dimana pendapatan
lebih besar dari pada pengeluaran. Karena jika pendapatan lebih kecil dari
pengeluaran maka yang terjadi adalah rugi.
Dan yang kedua adalah menyiasati pengeluaran – pengeluaran yang tak
terduga serperti halnya mesin fotocopy rusak tiba – tiba sehingga memerlukan
perbaikan dengan dana yang lumayan jika harus diperbaiki ditempat servis, untuk
menyiasatinya perlu diperhatikan kondisi mesin fotocopy dan tidak lupa untuk
menyediakan peralatan – peralatan sparepart mesin fotocopy yang berguna untuk
perbaikan.
Melakukan akumulasi penyusutan peralatan pada tiap bulan dapat
menjadi solusi dalam mempersiapkan dana untuk keperluan perawatan mesin dan
juga berfungsi untuk pengumpulan modal awal agar dapat kembali dan dapat
digunakan sebagai modal untuk memperluas usaha.
c)
Manajemen
Produksi
Proses produksi dalam sebuah usaha mempunyai peranan sebagai
penghasil keuntungan. Karena hasil dari sebuah produksi merupakan produk yang
akan dijual untuk mencapai hasil yang diharapkan yaitu berupa pendapatan. Proses
produksi yang baik menghasilkan produk yang baik pula. Sehingga konsumen merasa
terpuaskan dan dapat menarik kembali minat konsumen untuk menggunakannya lagi.
Terlebih lagi dalam sebuah usaha fotocopy. Jika kita
1)
Proses produksi
usaha
Proses produksi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana
persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan
pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
2)
Kebutuhan
bahan operasi
Kebutuhan bahan operasi foto copy dikelola oleh pimpinan mengenai
kebutuhan bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan
pemasaran. memberikan hasil produksi yang baik serta bahan – bahan seperti
kertas yang berkualitas maka konsumen pun akan terpuaskan dan akan kembali atau
dengan kata lain menjadi pelanggan tetap.
3)
Kegiatan
perawatan mesin
mesin foto copy yang digunakan mempunyai umur ekonomis selama 4
th.Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan
mesin – mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan mesin copy,perawatan
dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari
mitra kerja kami.
d)
Manajemen
Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia atau SDM mempunyai peranan dalam mengatur semua
pengelolaan yang terjadi didalam sebuah usaha. Dalam prakteknya SDM merupakan
kunci utama bagi tercapainya suatu tujuan. SDM yang baik adalah yang
berkualitas. Kualitas yang ada pada diri SDM sangat dipengaruhi oleh berbagai
faktor, baik dapat dilihat dari lingkungan, teman maupun keturunan.
1)
Struktur
Organisasi
Bagan organisasi dibuat agar memudahkan mengenai kepemimpinan
organisasi dan dalam pembagian pekerjaan sesuai dengan divisi masing – masing
2)
Jabatan
dan uraian tugas
§
Pemilik
Berperan
sebagai kasir dan sekaligus sebagai penaggung jawab opersional
§
Karyawan
Berperan
sebagai pelaksana pengoperasian mesin foto copy sekaligus melayani konsumen
3)
Jam Kerja
Bundo copy
service menggunakan jam kerja hari senin
s/d minggu dari jam 07.00 s/d 09.00
4)
Jumlah
karyawan dan system penggajian yang tepat waktu
BAB III
ANALISIS SWOT DAN
SOLUSI
Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan
kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang
berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu
Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode ini paling sering
digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan
dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai
pemecah masalah. Dalam usaha foto copy ini analisis SWOTnya meliputi :
a.
Kekuatan
dan Kelemahan
1.
Strengths
(kekuatan)
Kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep
bisnis yang ada merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis
foto copy ini
-
Lokasi
yang berdekatan dengan berbagai instansi yang sering menggunakan jasa layanan
foto copy dan mempunyai daya beli terhadap alat tulis kantor
-
Adanya
pemasok kertas yang berkualitas dengan harga yang hemat
2.
Weakness
(kelemahan)
Kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep
bisnis yang ada. merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis
itu sendiri.
-
Penetapan
harga kurang mampu bersaing dikarenakan usaha baru berdiri
-
Belum
adanya pelanggan tetap
-
Sebelumnya
tidak mempunyai pengalaman mengenai bisnis foto copy
b.
Peluang
dan tantangan
1.
Opportunities
(peluang)
Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi.
Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep
bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi
lingkungan sekitar.
-
Bundo copy
service bergabung dengan pengusaha foto copy tingkat daerah serang
-
Bundo copy
service bergabung dengan bisnis foto copy dalam situs jejaring sosial www.facebook.com dan www.kaskus.us untuk mencari peluang lebih
banyak
2.
Threats
(ancaman/tantangan)
Kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu
organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
-
Adanya
pesaing dengan tawaran harga dibawah harga bundo copy service
-
Layanan
dan mutu yang ditawarkan pesaing lebih dapat membuat konsumen merasa nyaman
-
Daya
listrik bundo copy service tidak mencukupi dalam pelaksanaan operasionalnya
c.
Solusi
(cara penyelesaian masalah)
Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan saya melakukan strategi
untuk meningkatkan kemampuan saya dalam layanan foto copy. Strategi yang yang memungkinkan yaitu dengan
mengurangi faktor weakness dan meningkatkan strength saya dalam pelayanan,
serta memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan dengan cara meningkatkan
pelayanan prima demi terciptanya customer satisfaction. Caranya yaitu :
1.
Strengths
(kekuatan)
Peningkatannya
yaitu :
v Membuat tampilan tempat usaha semenarik mungkin
dengan menerapkan prinsip AIDAS
-
Attention
= menimbulkan perhatian konsumen
-
Interest =
menimbulkan keinginan dalam benak konsumen untuk memilih bundo copy service
sebagai tempat yang tepat
-
Desire = menciptakan
keinginan dalam benak konsumen bahwa bundo copy service dapat menyelesaikan
pesanan
-
Action =
aksi bundo copy service dalam menyelesaikan pesanan konsumen dengan rapi dan
tepat waktu sesuai keinginan konsumen
-
Satisfaction
= kepuasan pelanggan yang dirasakan pelanggan atas layanan yang diberikan bundo
copy service
2.
Weakness
(kelemahan)
Cara
menguranginya adalah :
-
Menetapkan
harga murah dengan kualitas mahal.
-
Mencari
pelanggan dengan cara promosi.
-
Banyak
menjalin relasi dengan pengusaha foto copy yang sudah sukses untuk dapat
dijadikan rujukan pengalaman dan solusi nyata yang sebelumnya telah di terapkan.
3.
Opportunities
(peluang)
Cara
memanfaatkannya yaitu :
-
Ikut
bergabung dalam akun bisnis usaha online via facebook
-
Menjadi
anggota kaskus dengan bergabung dengan forum jual beli kaskus
4.
Threats
(ancaman/tantangan)
Cara
menghadapinya dengan cara meningkatkan pelayanan prima demi terciptanya
customer satisfaction, yakni :
-
Menetapkan
kebijakan harga harga yang murah tiaplembarnya akan tetapi pelanggan berhak
mendapatkan harga khusus jika melakukan pesanan lebih dari 100 eksemplar,
berlaku kelipatan.
-
Peningkatan
pelayanan prima dengan sikap ramah terhadap pelanggan.
-
Menambah
daya listrik yang mencukupi untuk melakukan operasional bundo copy service
BAB
IV
PENUTUP
a)
Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu
memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan
datang Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan foto copy semakin
meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dan dapat meminimalisasi
biaya.
Penggunaan konsep manjemen yang baik dapat menyesuaikan diri dari
berbagai situasi dan kondisi yang sedang dihadapi. Serta mempunyai arah dan
tujuan yang ingin dicapai dari usaha tersebut. Merupakan serangkaian kiat
sukses dalam berbagai jenis usaha.
b)
Rekomendasi
/ Saran
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu untuk diperhatikan
adalah mengenai bagaimana :
ü
menjaga
kualitas hasil fotocopy yang baik.
ü
menjaga
stabilitas stock kertas dan tinta yang memadai
ü
mencari
segmen yang tepat.juga menentukan harga dalam harga pasar.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar