Sabtu, 13 Oktober 2012

PROPOSAL USAHA “LAYANAN DOKUMEN”



PROPOSAL USAHA
“LAYANAN DOKUMEN”
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Individu sebagai Tugas UAS
Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen Mata Kuliah



Disusun oleh :
DEWI SRI MASRIAH
092100801
PAI – D
SEMESTER 3



FAKULTAS TARBIYAH DAN ADAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
“SULTAN MAULANA HAASANUDDIN” BANTEN
TAHUN AKADEMIK 2010 / 2010


DAFTAR ISI
Daftar isi .........................................................................................................       i
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................       1 
  1. Alasan Memilih Usaha ........................................................................       1
  2. Bidang / Jenis Usaha ...........................................................................       1 
  3. Alamat ................................................................................................       2 
BAB II USAHA ............................................................................................       3 
a)      Manajemen Pemasaran ........................................................................       3 
b)      Manajemen Keuangan ........................................................................       5 
c)      Manajemen Produksi ..........................................................................       6 
d)     Manajemen SDM ................................................................................       7 
BAB III ANALISIS SWOT DAN SOLUSI ................................................       8 
a.       Kekuatan Dan Kelemahan ..................................................................       8 
b.      Peluang Dan Tantangan ......................................................................       9 
c.       Solusi (cara penyelesaian masalah) .....................................................     10 
BAB IV PENUTUP .......................................................................................     12 
a)      Kesimpulan  ........................................................................................     12 
b)      Rekomendasi / saran ...........................................................................     12













BAB I
PENDAHULUAN
A.    Alasan Memilih Usaha
Banyaknya aktivitas di masyarakat tidak terlepas dari yang namanya dokumen, surat menyurat, bukti otentik serta kegiatan – kegiatan lain baik yang dilakukan oleh instansi pemerintah, pelajar, ataupun masyarakat pada umumnya.
Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ataupun lembaga dalam suatu masyarakat ataupun perseorangan, jasa layanan duplikat dokumen menjadi alternatif untuk memperbanyak dokumen. Salah satu alternatif untuk memperbanyak dokumen tersebut adalah dengan fotocopy. Pentingnya peranan jasa layanan foto copy dapat membantu meringankan beban/tugas dalam memperbanyak duplikat suatu dokumen tertentu, dan hal ini sangat berpeluang untuk menjadi sumber usaha yang menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.
Bagi para pelaku usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan. Apabila permintaan meningkat memungkinkan pasar menjadi potensial dan ketika kondisi permintaan menurun menyebabkan kondisi menjadi labil.
B.     Bidang / Jenis usaha
Unit usaha ini diberi nama “bundo copy service” karena bergerak dalam usaha layanan foto copy dan juga penyediaan berbagai alat tulis kantor. Layanan foto copy bundo ini amat cocok bila disandingkan dengan jasa layanan rental computer dan jasa layanan internet yang sudah dirintis oleh bundo.net yang sudah lebih dulu berkembang.
Nama organisasi         : bundo tech corporation
Jenis Organisasi           : Jasa layanan dokumen
Pemilik                        : Hj. Bahriah
Alamat                                    : jl. Kesawon Rt.01 / Rw. 01 kp. Kaligandu Masjid
                                     Telp (0254) 208358  Serang – Banten 
C.    Alamat
Bundo copy service ini beralamat :
Jalan                : kesawon
Rt / Rw           : 01 / 01
Desa                : Kaligandu Masjid
Kota                : Serang
Provinsi           : Banten
Negara             : Indonesia
Lokasi yang akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha foto copy adalah sebuah bangunan seluas 5 X 6 M2, lokasi tersebut dekat dengan lokasi beberapa instansi yakni :
§      SD NEGERI TERONDOL KOTA SERANG
§      SMP 17 KOTA SERANG
§      PLAY GROUP BINTANG KECIL
§      KANTOR KECAMATAN SERANG
§      KANTOR KELURAHAN SERANG
§      SD NEGERI CIPUTAT KOTA SERANG
§      KANTOR IMIGRASI KOTA SERANG
§      MADRASAH DINIYAH “ARRAHMAN” KALIGANDU
§      KANTOR LURAH TERONDOL
§      ALFA MART WARUNG JAUD
Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan memanfatkan : Meja, Kursi, Ruang Tunggu, Tempat parkir, dan tempat untuk mendisplay barang dagangan pelengkap layanan dokumen yakni alat tulis kantor yang mencakup penjualan berbagai macam peralatan menulis beserta barang-barang penunjang kegiatan tulis menulis lainnya.
BAB II
USAHA
a)      Manajemen Pemasaran
1.      Segmentasi
Yang menjadi segmen dari usaha foto copy adalah semua segmen pasar (umum)
b. Targeting
Yang menjadi target market adalah para pelajar SD, SMP, pegawai instansi pada khususnya dan masyarakat disekitarnya
c. Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat foto copy yang berkualitas dengan harga yang pas.
2.      Permintaan
Perkembangan permintaan saat ini. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan foto copy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dan meminimalisasi biaya.
3.      Penawaran
a. Perkembangan penawaran saat ini
Perkembangan penawaran disektor usaha foto copy pada saat ini memang umum di lingkungan kampus. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha foto copy menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku
b. Prospek penawaran di masa yang akan datang
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif (dilihat dari kualitas kertas dan hasil copy harga dalam hal ini tidak terlalu diperhitungkan dikarenakan para pesaing juga melakukan banting harga) maka karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
4.      Program Pemasaran
a. Tingkat pelayanan
Kami menerapkan pendekatan dua arah antara produsen dengan konsumen. Artinya antara produsen dan konsumen harus saling mengenal. Inilah konsep manajemen pemasaran yang baik untuk diterapkan dalam sebuah usaha fotocopy. Dalam usaha ini kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan langsung,pemesanan dan tepat waktu pekerjaan
b. Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.



b)     Manajemen Keuangan
Dalam hal ini keuangan memegang peranan penting dalam memulai sebuah usaha, karena usaha apapun yang akan dijalankan tanpa modal takkan pernah terwujud. Tapi hal yang lebih penting lagi adalah pengelolaan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan yang baik, sangatlah penting untuk mencapai keuntungan atau laba yang diharapkan.
Pada dasarnya kondisi keuangan yang baik adalah, dimana pendapatan lebih besar dari pada pengeluaran. Karena jika pendapatan lebih kecil dari pengeluaran maka yang terjadi adalah rugi.
Dan yang kedua adalah menyiasati pengeluaran – pengeluaran yang tak terduga serperti halnya mesin fotocopy rusak tiba – tiba sehingga memerlukan perbaikan dengan dana yang lumayan jika harus diperbaiki ditempat servis, untuk menyiasatinya perlu diperhatikan kondisi mesin fotocopy dan tidak lupa untuk menyediakan peralatan – peralatan sparepart mesin fotocopy yang berguna untuk perbaikan.
Melakukan akumulasi penyusutan peralatan pada tiap bulan dapat menjadi solusi dalam mempersiapkan dana untuk keperluan perawatan mesin dan juga berfungsi untuk pengumpulan modal awal agar dapat kembali dan dapat digunakan sebagai modal untuk memperluas usaha.





c)      Manajemen Produksi
Proses produksi dalam sebuah usaha mempunyai peranan sebagai penghasil keuntungan. Karena hasil dari sebuah produksi merupakan produk yang akan dijual untuk mencapai hasil yang diharapkan yaitu berupa pendapatan. Proses produksi yang baik menghasilkan produk yang baik pula. Sehingga konsumen merasa terpuaskan dan dapat menarik kembali minat konsumen untuk menggunakannya lagi. Terlebih lagi dalam sebuah usaha fotocopy. Jika kita
1)      Proses produksi usaha
Proses produksi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
2)      Kebutuhan bahan operasi
Kebutuhan bahan operasi foto copy dikelola oleh pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan pemasaran. memberikan hasil produksi yang baik serta bahan – bahan seperti kertas yang berkualitas maka konsumen pun akan terpuaskan dan akan kembali atau dengan kata lain menjadi pelanggan tetap.
3)      Kegiatan perawatan mesin
mesin foto copy yang digunakan mempunyai umur ekonomis selama 4 th.Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin – mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan mesin copy,perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami.


d)     Manajemen Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia atau SDM mempunyai peranan dalam mengatur semua pengelolaan yang terjadi didalam sebuah usaha. Dalam prakteknya SDM merupakan kunci utama bagi tercapainya suatu tujuan. SDM yang baik adalah yang berkualitas. Kualitas yang ada pada diri SDM sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dapat dilihat dari lingkungan, teman maupun keturunan.
1)      Struktur Organisasi
Bagan organisasi dibuat agar memudahkan mengenai kepemimpinan organisasi dan dalam pembagian pekerjaan sesuai dengan divisi masing – masing
2)      Jabatan dan uraian tugas
§      Pemilik
Berperan sebagai kasir dan sekaligus sebagai penaggung jawab opersional
§      Karyawan
Berperan sebagai pelaksana pengoperasian mesin foto copy sekaligus melayani konsumen
3)      Jam Kerja
Bundo copy service  menggunakan jam kerja hari senin s/d minggu dari jam 07.00 s/d 09.00
4)      Jumlah karyawan dan system penggajian yang tepat waktu





BAB III
ANALISIS SWOT DAN SOLUSI
Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah. Dalam usaha foto copy ini analisis SWOTnya meliputi :
a.      Kekuatan dan Kelemahan
1.      Strengths (kekuatan)
Kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada merupakan faktor yang terdapat dalam  tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis foto copy ini
-          Lokasi yang berdekatan dengan berbagai instansi yang sering menggunakan jasa layanan foto copy dan mempunyai daya beli terhadap alat tulis kantor
-          Adanya pemasok kertas yang berkualitas dengan harga yang hemat
2.      Weakness (kelemahan)
Kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. merupakan faktor yang terdapat dalam  tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
-          Penetapan harga kurang mampu bersaing dikarenakan usaha baru berdiri
-          Belum adanya pelanggan tetap
-          Sebelumnya tidak mempunyai pengalaman mengenai bisnis foto copy

b.      Peluang dan tantangan
1.      Opportunities (peluang)
Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
-          Bundo copy service bergabung dengan pengusaha foto copy tingkat daerah serang
-          Bundo copy service bergabung dengan bisnis foto copy dalam situs jejaring sosial www.facebook.com dan www.kaskus.us untuk mencari peluang lebih banyak
2.      Threats (ancaman/tantangan)
Kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
-          Adanya pesaing dengan tawaran harga dibawah harga bundo copy service
-          Layanan dan mutu yang ditawarkan pesaing lebih dapat membuat konsumen merasa nyaman
-          Daya listrik bundo copy service tidak mencukupi dalam pelaksanaan operasionalnya





c.       Solusi (cara penyelesaian masalah)
Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan saya melakukan strategi untuk meningkatkan kemampuan saya dalam layanan foto copy.  Strategi yang yang memungkinkan yaitu dengan mengurangi faktor weakness dan meningkatkan strength saya dalam pelayanan, serta memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan dengan cara meningkatkan pelayanan prima demi terciptanya customer satisfaction. Caranya yaitu :
1.      Strengths (kekuatan)
Peningkatannya yaitu :
v      Membuat tampilan tempat usaha semenarik mungkin dengan menerapkan prinsip AIDAS
-          Attention = menimbulkan perhatian konsumen
-          Interest = menimbulkan keinginan dalam benak konsumen untuk memilih bundo copy service sebagai tempat yang tepat
-          Desire = menciptakan keinginan dalam benak konsumen bahwa bundo copy service dapat menyelesaikan pesanan
-          Action = aksi bundo copy service dalam menyelesaikan pesanan konsumen dengan rapi dan tepat waktu sesuai keinginan konsumen
-          Satisfaction = kepuasan pelanggan yang dirasakan pelanggan atas layanan yang diberikan bundo copy service
2.      Weakness (kelemahan)
Cara menguranginya adalah :
-          Menetapkan harga murah dengan kualitas mahal.
-          Mencari pelanggan dengan cara promosi.
-          Banyak menjalin relasi dengan pengusaha foto copy yang sudah sukses untuk dapat dijadikan rujukan pengalaman dan solusi nyata yang sebelumnya telah di terapkan.
3.      Opportunities (peluang)
Cara memanfaatkannya yaitu :
-          Ikut bergabung dalam akun bisnis usaha online via facebook
-          Menjadi anggota kaskus dengan bergabung dengan forum jual beli kaskus
4.      Threats (ancaman/tantangan)
Cara menghadapinya dengan cara meningkatkan pelayanan prima demi terciptanya customer satisfaction, yakni :
-          Menetapkan kebijakan harga harga yang murah tiaplembarnya akan tetapi pelanggan berhak mendapatkan harga khusus jika melakukan pesanan lebih dari 100 eksemplar, berlaku kelipatan.
-          Peningkatan pelayanan prima dengan sikap ramah terhadap pelanggan.
-          Menambah daya listrik yang mencukupi untuk melakukan operasional bundo copy service







BAB IV
PENUTUP
a)      Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha foto copy pada masa yang akan datang Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan foto copy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dan dapat meminimalisasi biaya.
Penggunaan konsep manjemen yang baik dapat menyesuaikan diri dari berbagai situasi dan kondisi yang sedang dihadapi. Serta mempunyai arah dan tujuan yang ingin dicapai dari usaha tersebut. Merupakan serangkaian kiat sukses dalam berbagai jenis usaha.

b)     Rekomendasi / Saran
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana :
ü        menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik.
ü        menjaga stabilitas stock kertas dan tinta yang memadai
ü        mencari segmen yang tepat.juga menentukan harga dalam harga pasar.








 

 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar